Phone : +62 21 797 7000     Email : Kotaksurat@bsmu.or.id     LAYANAN DONATUR     REKENING DONASI    

Pakai Masker Setiap Hari

BSM Umat - Untuk mengurangi penyebaran virus corona WHO mengeluarkan arahan untuk menggunakan masker setiap hari. Tidak hanya orang yang sakit saja tetapi orang yang sehat pun wajib menggunakan masker. Hal ini di karenakan ada penemuan baru bahwa virus corona tidak selalu mengeluarkan gejala untuk orang yang terinfeksi.

Hal ini menyebabkan orang yang terkena virus COVID19 tidak sadar bahwa dirinya sudah terinfeksi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan sesuai rekomendasi WHO, pemerintah menjalankan kebijakan masker untuk semua.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kurang lebih 90% penularan kasus Covid-19 melalui droplet. Oleh karena itu, masker sangat penting digunakan.

"Kami perlu menyampaikan tentang mekanisme pertahanan kita semuanya. First line defense atau pertahanan paling depan adalah menggunakan masker dan cuci tangan," ujar Wiku.

"Sesuai hasil penelitian masker kain dapat menangkal virus sebesar 70% dengan demikian masyarakat diharapkan untuk tetap jaga jarak saat berada di keramaian minimal 1 sampai 2 meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting diluar sebaiknya tetap tinggal di rumah," lanjutnya.

Tetapi masker bedah harus tetap disediakan dan digunakan oleh para profesional medis, sementara masyarakat disarankan untuk menggunakan masker berbahan kain atau buatan sendiri.

Dukungan WHO ini muncul ketika ada penelitian ilmiah yang menunjukkan efek positif dari mengenakan masker dalam penyebaran virus corona Demikian disampaikan Dr. Michael Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Jumat (3/4/2020).

Bagi yang menginginkan informasi cara menggunakan masker yang benar dapat ke artikel “Gunakan Masker Dengan Tepat”. Untuk memperoleh informasi ataupun berkonsultasi berkaitan dengan covid 19 dapat menghubungi Call Center BSM Umat 0812 9641 2453.

 

Sumber : www.cnbcindonesia.com

 

 

AddThisBerita: