Di Usia Senja, Mbah Sumi Melalui Hidup dalam Kesendirian

Laznas BSM Umat - Hidup dalam kesendirian di usia senja bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. Ada rasa rindu untuk dimanja oleh orang-orang terdekatnya. Namun kesendirian itu menjadi satu hal yang biasa bagi ibu tua ini. Mbah Sumi biasa warga menyapanya. Tinggal di gubuk sederhana, di daerah Gunung Kidul, DIY, Mbah Sumi melewati keseharian sebatang kara.

Terkadang uluran tangan tetangganya menyapanya. Ah tak terbayang, jika ibu kita seperti Mbah Sumi. Pedih rasa hati ini membayangkannya. Dalam catatan LAZNAS BSM Umat, 18 November 2017, saat mengunjungi kediaman ibu renta ini. Rumah yang ditempatinya begitu terbatas, tanpa listrik, jauh dari akses air bersih, apalagi kasur empuk.

Kondisi rumahnya sungguh tak layak, jika hujan datang, maka air berduyun-duyun memasuki lantai rumahnya yang hanya beralaskan tanah. Rumah itu terkesan seperti bedeng, bergoyang jika angin kencang, bocor di sana-sini.

Tapi dengan keadaan itu, bukan keluhan yang keluar, bukan cacian yang terucap. Mbah Sumi dengan garis keriput di wajahnya, justru memberikan senyuman. Bahwa beliau sudah biasa dengan kehidupannya.

Ya Allah Ya Rabbi, harus berapa banyak kisah seperti ini untuk mengetuk hati hamba agar selalu bersyukur. Kenyataan hidup Mbah Sumi seakan memberikan tamparan keras kepada diri yang masih selalu saja sulit untuk mengucap syukur. Padahal nikmat hadir bertubi-bertubi.

Sejatinya, Mbah Sumi adalah bukti dari cantiknya hati. Ajarkan hamba syukur sebagaimana Mbah Sumi selalu melangitkan syukur atas segala keterbatasan yang dia terima. "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim: 7)

Kegiatan LAZNAS BSM PEDULI di Gunung Kidul, Yogyakarta, 18 November 2017. Goresan Senja di Yogyakarta - Fariz Adlan Saputra

Yuk berikan donasi terbaik untuk program Air Bersih, bisa melalui nomor rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) 702 620 2595 an Yayasan BSMU. Untuk mengetahui kegiatan LAZNAS BSM Umat silakan kunjungi website www.bsmu.or.id. Informasi lebih lanjut, bisa hubungi di 021 4228999 atau #Whatsapp 0813 1747 4702.